Tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Tuesday, April 23, 2019

Badan Wakaf Al-Quran (BWA) Solusi Berwakaf Di Era Digital

Di era Digital sekarang ini, Ingin mendapatkan Amal Ibadah terus menerus tanpa henti, wakaf adalah solusinya, nah mungkin sebagian pembaca budiman masih bingung kemana untuk berwakaf? Sekarang sudah ada badan yang menangani wakaf. Apa nama badannya yaitu Badan Wakaf Al-Quran (BWA). Di era digital ini untuk beribadah harus semakin ditingkatkan dengan cara selain zakat dan sedekah, umat muslim juga dianjurkan untuk berwakaf. Hukum wakaf memang sunnah, tapi tujuannya adalah untuk membangun atau memberikan sesuatu bagi masyarakat yang manfaatnya berlangsung terus menerus. 
Di dunia digital apalagi di dunia maya mungkin banyak pembahasan tentang wakaf. Secara deskriptif, pengertian wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah. Kini di jaman digital ini untuk menyalurkan wakaf, umat muslim tak perlu khawatir lagi. Ada Lembaga wakaf yang siap menyalurkan wakaf kepada para penerima wakaf. Salah satunya adalah Badan Wakaf Al-Quran (BWA)


Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) adalah organisasi nirlaba (non-profit organization), berbentuk Badan Hukum Perkumpulan (BHP). Visi Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) adalah menjadi lembaga filantropi wakaf profesional, yang mampu mengembangkan potensi wakaf di Indonesia sesuai syariah untuk kemashlahatan kaum muslimin dan masyarakat dan Menjadikan Wakaf Sebagai Gaya Hidup Muslim. 
Misi Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) yaitu menyalurkan Al Qur'an kedaerah-daerah rawan pendidikan dan rawan aqidah, mengajarkan Al Qur'an dengan metode yang membekas dan implementatif disertai berbagai program pendukung yang inovatif sehingga memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat dan Memberikan manfaat kepada umat melalui program wakaf. Di jaman digital ini dengan adanya badan ini sehingga akan lebih mempermudah kita untuk menyalurkan ladang amal demi mendulang ibadah tanpa henti. 

Project yang emban Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) adalah untuk membantu komunitas dan individu yang membutuhkan, setiap komunitas dan individu memiliki keunikan persoalan dan solusinya. Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) hadir membantu mereka dalam project yang sesuai dengan kebutuhannya. Ada desa yang membutuhkan air bersih dan hanya bisa diselesaikan dengan membuat sumur dalam, namun ada lokasi lain yang kebutuhan air bersihnya dipecahkan dengan pipanisasi dari mata air. 
Individu dan komunitas yang ada dalam project Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) adalah riil, mereka ada dalam kehidupan nyata bukan sekedar model untuk promosi marketing. Berikut ini adalah delapan program unggulan Badan Wakaf Al Qur'an (BWA). 

1. Wakaf Al-Qur'an & Pembinaan 
Wakaf Al Qur'an akan distribusikan ke daerah rawan aqidah dan rawan pendidikan hingga pelosok nusantara, sekaligus mendukung pembinaan di beberapa daerah binaan Badan Wakaf Al Qur'an. 
2. Water Action for People 
Water Action for People adalah program dari Badan Wakaf Al Qur'an untuk pembangunan sarana air bersih di daerah yang mengalami krisis air bersih dan daerah yang tertimpa bencana alam di pelosok Indonesia. 

3. Tebar Cahaya Indonesia Terang 
Program dari Badan Wakaf Al Qur'an satu ini adalah Wakaf khusus pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Pikohidro dan Mikrohidro, untuk desa yang belum teraliri listrik. Wakaf Anda cerahkan masa depan mereka. Program Tebar Cahaya Indonesia Terang ini merupakan solusi praktis dan murah bagi kebutuhan energi listrik di daerah-daerah yang rawan pendidikan dan rawan akidah hingga pelosok nusantara. 

4. Wakaf Khusus 
Wakaf Khusus merupakan salah satu program inovatif di Badan Wakaf Al Quran (BWA). Program ini terinspirasi dari masih banyaknya daerah-daerah terpencil di Nusantara yang belum tersentuh pembangunan, terutama masyarakat Muslim yang ada di daerah pelosok dan terpencil. 
5. Zakat Peer To Peer 
100% zakat Anda diterima oleh mustahik penerima zakat tanpa dipotong untuk operasional Badan Wakaf Al Qur'an (BWA). Lebih Manfaat dan sesuai Syariah. 

6. Indonesia Belajar 
Indonesia Belajar adalah salah satu program dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) untuk membantu anak-anak yang kesulitan biaya pendidikannya agar kembali bersekolah. 

7. Wakaf Produktif 
Pada program ini, Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) memfasilitasi kaum Muslim membeli aset yang bernilai untuk diwakafkan. Kemudian, Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) dengan menggandeng partner lapang mengembangkannya agar produktif dengan tetap memperhatikan aspek keekonomian dan profesionalitas. Sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi saudara Muslim lainnya seperti masalah kemiskinan, kesehatan, pendidikan dan kemaslahatan umum lainnya 

8. Sedekah Kemanusiaan 
Sedekah kemanusiaan adalah Program Terbaru dari Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) yang meliputi 3 kegiatan. Sedekah Kesehatan, untuk membantu mereka yang kekurangan biaya dalam pengobatan penyakit yang dideritanya. Life Divan, adalah pengadaan tempat tidur bagi pengungsi atau Santri di Ponpes Tradisisonal. Sedekah Kesehatan, adalah hak setiap orang, baik ia kaya ataupun miskin. Apabila terlanjur jatuh sakit maka setiap orang berhak mendapatkan layanan kesehatan hingga ia kembali sehat. 

Kehadiran Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) menjadi solusi untuk berwakaf di era digital seperti sekarang ini. Wakif atau calon wakif bisa berwakaf secara online dengan mengunjungi website Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) di www.wakafquran.org kemudian melihat project-project yang sedang open donasi. Tak hanya melihat projectnya, kita juga bisa menlihat kondisi atau profil project wakaf secara rinci karena Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) memaparkan dari hasil survei yang rill. Ayo tunggu apa lagi jangan ragu untuk berwakaf demi tujuan akherat kita. Apalagi di jaman digital sekarang semua sudah serba mudah.

2 comments:

  1. Ternyata banyak ya programnya BWA, dan bisa wakaf mulai dr ratusan ribu aja. Yokkk patungan yook wakaf air di pendalaman

    ReplyDelete
  2. Masyaallah luar biasa ya manfaat berwakaf. Dulu kupikir wakaf itu cuma tanah atau bangunan, ternyata pengertian wakaf itu luas. Dengan adanya website penerima sekaligus penyalur wakaf ini alhamdulilah bisa mempermudah kita yang ingin berwakaf

    ReplyDelete