Berisi tentang semua yang berhubungan dengan tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 11 Juni 2016

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Universitas Muhammadiyah Metro

2 komentar :
“gerakan revolusi aktif kreatif guna menyadarkan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan”

Peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 juni, yang diperingati oleh para pecinta lingkungan setiap tahunnya di seluruh dunia, bertujuan untuk supaya segenap masyarakat dunia agar selalu menjaga dan melestarikan lingkungan, karena lingkungan adalah tempat kita berpijak dan bernapas.  di Universitas Muhammadiyah Metro, selalu mengadakan acara peringatan hari Lingkungan hidup ini, tahun 2016 ini, yang diprakarsai Mahasiswa dan Dosen yang terlibat di mata kuliah Pengantar lingkungan (Pengling), yaitu mahasiswa jurusan Pendidikan MIPA semester 2, yang terdiri dari 3 prodi yaitu: Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Matematika dan prodi Pendidikan Biologi.  sedangkan dosen pengampu mata kuliah Pengling dikoordinatori oleh Dr. Agus Sujarwanta, M. Pd. Dengan anggota tim teaching  Rasuane Noor, M.Sc. dan Widya Sartika, M.Sc. Pada tahun ini UM mengadakan peringata hari lingkungan hidup tersebut diundur pada hari sabtu taggal 11 juni ini, karena banyak kegiatan perkuliahan dan kegiatan kampus lainnya. Pada  kegiatan diisi dengan 2 kegiatan utama yaitu pameran kreatif dan enviromental quis, dengan temanya : “gerakan revolusi aktif kreatif guna menyadarkan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan

Kegiatan yang diadakan sehari dengan ketua panitia: Wahyu Tri Sutrisno, mahasiswa dari prodi matematika diadakan di lapangan kampus UM Metro, dengan dimeriahkan oleh para dosen dan mahasiswa UM metro. Acara pertama pembukaan kegiatan dengan  master Ceremony (MC): Ita Nurmalita ( prodi MTK), rangkaian acara pembukaan dari sambutan pertama oleh ketua panitia,  kemudian dibuka secara resmi oleh wakil dekan 3 bidang kemahasiswaan pak Drs. Anak Agung Oka, M.Pd. dan selanjutnya ditutup dengan doa oleh Muhammad Tamzis (prodi MTK). Pada kesempatan ini para dosen yang hadir dari Bapak Pembantu Rektor 1 ; Dr. Muhfahroyin, M.T., ketua LPPM UM Metro : Dr. Handoko Santoso, M.Pd., Dekan FKIP: Drs. Partono, M.Pd., Kajur Pendidikan MIPA : Dr. Agus Sutanto, M.Si. dan segenap dosen di FKIP UM Metro.

Selanjutnya acara utama yang terdiri dari pameran kreatif dan enviromental quis. Pada acara pameran kreatif diikuti oleh semua kelompok mahasiswa semester 2, jurusan Pendidikan MIPA, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 orang, masing kelompok membuat karya kreatif yang berbahan dasar limbah. Dari seluruh peserta kelompok terkumpul sekitar 30an karya kreatif meliputi diantaranya : kotak tisu, bunga hias, rumah-rumahan hias, tas, pas bunga, figura/bingkai foto, dan lain-lainnya. Hasil-hasil karyanya dapat disimak KLIK SINI. Dari sekian banyak karya kreatif dipilih 3 karya kreatif terbaik yang dinilai oleh tim juri terdiri dari dosen Pengampu Mata  Kuliah Pengetahuan Lingkungan yaitu  Rasuane Noor, M.Sc. dan Widya Sartika, M.Sc. dengan kreteria sebagai berikut:
1.    Kejelasan pesan edukasi lingkungan hidup
2.    Potensi edukasi bagi penyadaran lingkungan hidup
3.    Kepraktisan karya
4.    Daya ungkit keingintahuan bagi pemirsa
5.    Daya pikat bagi pemirsa
Dari hasil final penilaian para tim juri pemenang untuk pameran hasil karya kreatif yaitu:
Juara  pertama :  Keranjang dari bibir gelas plastik minum meneral (kelompok dari prodi Fisika)
Juara kedua : Batuk kelapa penyimpan harta (kelompok dari prodi Matematika)
Juara ketiga : Tisue dari kerang / shell (kelompok dari prodi Matematika)
Pada acara Kuis Enviromental diikuti oleh pesertanya dari kalangan: wakil  mahasiswa, dosen, masyarakat,  karyawan. Masing-masing peserta terdiri 5 orang. Kuisnya mirip famili 100 yang dimodifikasi yang bertemakan tentang lingkungan.  Pada kesempatan kuis ini yang menjadi juara yaitu dari tim Mahasiswa diikuti oleh tim dosen posisi kedua. Di acara ini ada keunikan khas, dimana para pemenang acara kuis mendapatkan hadiah berupa tumbuhan dalam pot, dengan alasan tumbuhan ini, jika dijaga para pemenang, makan akan bermanfaat memberikan oksigen bagi mahluk hidup. Disela-sela kuis diintermezo penampilan puisi dan lagu  dari pendidikan fisika : Rona dan dkk dan Musik akustik oleh Wahyu Tri Sutrisno dan Nadia Kurniasih (MTK).

 Semoga kegiatan ini bukan hanya sekedar peringatan hari lingkungan hidup sedunia tetapi menjadi fakta nyata untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan. Semoga semuanya sadar akan pentingnya menjaga lingkungan demi kelangsungan hidup kita dan anak cucu kelak. Sesuai dengan tema kali ini gerakan revolusi aktif kreatif guna menyadarkan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. 

2 komentar :

  1. Selamat, Kegiatan positif,ditungu aksi nyata berikutnya, tuk tahun depan jatah P. Biologi belajar dari tahun ini dan disiapkan lebih mantap. Terutama acara dan koordinasi panitia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tahun 2017 tidak diadakan karena kendala libur puasa dan hari raya idul fitri, tahun ini di pending. Semoga ke depan menjadi lebih baik lagi.

      Hapus