Tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Monday, February 20, 2017

Studi Lapangan di Sekolah Luar Biasa : Belajar dan Berusaha Mengenal Lebih Dekat dengan Sesama

Jangan menyerah teruslah Belajar dan berusaha, lihat mereka, dari kekurangan namun menjadi potensi yang luar biasa, apalagi kita yang serba kecukupan, mengapa harus bermalasan dan tidak mau berusaha? mungkin inilah salah satu pengantar untuk kegiatan studi lapangan di sekolah Luar Biasa Negeri Metro. 

Kegiatan studi lapangan mahasiswa Pendidikan Biologi S1 FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, semester 7, kegiatan yang berupa kunjungan dan silahturahmi ke sekolah Luar Biasa Negeri (SLB) N Metro yang beralamatkan di jalan Gatot Kaca Sumbe Sari Bantul Metro Selatan. Kegiatan ini merupakan salah satu pemenuhan tugas dalam mata kuliah Genetika Lanjut, yang diampu oleh Dr. Agus Sutanto, M.Pd., dan Kartika Sari, M. Biotech. dilakukan pada hari Kamis 5 Januari 2017. 

Pada kegiatan Studi Lapangan di Sekolah Luar Biasa ini diikuti sekitar 100 mahasiswa Pendidikan Biologi dan beberapa dosen pendamping yaitu Dr. Muhfaroyin, M.T, Dr. Handoko Santoso, M.Pd. , Suharno Zen, M.Sc., dan Rasuane Noor., M.Sc. yang turut berpartisipasi untuk belajar dan lebih dekat dengan masyarakat. 

Dalam kegiatan kunjungan Studi Lapangan di Sekolah Luar Biasa ini, setelah briefing di kampus Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro), lanjut berangkat ke Lokasi Sekolah. Sampainya di sekolah di sambut pihak sekolah dan ceremonial di aula Sekolah Luar Biasa tersebut. Acara di ruangan diawali dengan penampilan, habib, dengan membawakan tembang buat apa susah, begitu di suport oleh mahasiswa yang hadir di saat itu. kemudian acara dipandu oleh ibu pengajar di Sekolah Luar Biasa tersebut. 

Setelah pembukaan selanjutnya diisi sambutan oleh Dr.Agus Sutanto, M.Si. Sambutan dari pihak Sekolah Luar Biasa Negeri Metro Bapak Hamim Muda M.Pd. setelah itu pemamparan tentang profil Sekolah Luar Biasa oleh bapak Zaki, beliau menyampaikan kondisi profil sekolah dengan Luas 21000 m persegi, Beroperasi 2004, Visi, misi, suasana sekolahan dan Jumlah guru 16 PNS dengan jenjang sudah 8 orang S2. Total jumlah siswa sekarang 105 yang terbagi SDLB berjumlah 50 orang, SMPLB berjumlah 32 siswa. SMALB berjumlah 23 siswa. Disini siswanya terdiri dari Tuna rungu, tuna daksa, tuna netra,dan autis. 

Setelah itu kegiatan Studi Lapangan di Sekolah Luar Biasa diisi penampulan fasion show dari para siswa Sekolah Luar Biasa, sentak disana dalam ruangan itu menjadi hesteris karena para mahasiswa perempuan begitu melihat para pragawan dari sekolah tersebut. fision shon menampilkan pakaian batik asli hasil karya siswa Sekolah Luar Biasa tersebut. 

Selanjutnya setelah acara pembukaan di aula Sekolah Luar Biasa, kegiatan Studi Lapangan di Sekolah Luar Biasa kemudian dilanjutkan berkunjung ke ruang-ruang kelas di Sekolah Luar Biasa, ke ruang Komputer, ruang Batik dan terakhir ditutup dengan menyanyi bersama dengan organ yang dimainkan oleh siswa netra, yang begitu piawan memain alat musik tersebut. kemudian kita pamitan ke pada keluarga besar sekolah. 

Berikut ini dokumentasi foto-foto pada saat Studi Lapangan di Sekolah Luar Biasa : Belajar dan Berusaha Mengenal Lebih Dekat dengan Sesama di  sekolah Luar Biasa Negeri (SLB) N Metro
Dr.Agus Sutanto, M.Si dari UM Metro dan Bapak Hamim Muda M.Pd. dari Sekolah Luar Biasa Negeri Metro 







No comments:

Post a Comment