Berisi tentang semua yang berhubungan dengan tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 15 Februari 2018

Evaluasi Perkuliahan dan Pembagian SK Mengajar Semester Genap TA 2017/2018 Universitas Muhammadiyah Metro

Tidak ada komentar :
Acara yang  diadakan pada hari senin 12 Februari 2018, yang terdiri dari serangkaian acara yang dipandu pembawa acara mas Widi Wikanto, susunan acara  meliputi acara diawali dengan : 
1. Pembukaan.
2.  Kultum (kuliah tujuh Menit) dari BPH (Badan Pembina Harian) Universitas Muhammadiyah Metro. 
3. Penyampaian laporan hasil audit internal yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahan oleh LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) Universitas Muhammadiyah Metro.  
4. Penyerahan hasil evaluasi dari ketua LPM kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Metro. 
5. Penyerahan piagam pehargaan terbaik kepada Fakultas dan Prodi terbaik. 
6. Pembagian SK perkuliahan kepada Dosen Universitas Muhammadiyah Metro.. 
7. Pembukaan secara resmi dan Represing  perkuliahan oleh rektor UM Metro.


Isi rangkaian acara meliputi: 
Isi kultum yang disampaikan oleh Bapak Masnuni : ajakan selalu rasa syukur yang selalu tercurah kepada Allah SWT dan selawat kepada Rasulullah SAW.

selnajutnya beliau menyampaikan : Ciri orang cerdas, yaitu pertama adalah ketika orang bicara, didepannya dia mendengarkan, dan kedua  mengikuti yang baik /benar.  Itulah mereka yang mendapatkan hidayah dari Allah dan mereka adalah orang yang cerdas. (Surat Alzumar ,)
Selanjutnya ayat yang disampaikan dalam kultum: 
Surat al-alshor, ayat 18

Surat al isro ayat 7 : "jika kamu baik maka itu baik juga untuk dirimu, jika itu buruk maka itu buruk juga untuk dirimu".
Kamu itu adalah orang terbaik yang dilahirkan .
AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) 
Adalah media dakwah Muhammadiyah, salah satunya perguruan tinggi muhammadiyah. Pemiliknya adalah pimpinan pusat Muhammadiyah. 
Semua dosen Muhammadiyah adalah Dai atau mubalig muhammadiyah. 
AIK adalah kewajiban semua dosen Muhammadiyah.  
Semua dosen harus disiplin, misalnya saatnya waktu sholat, ajak mahasiswanya untuk sholat berjamaah di Masjid.

Kita bisa hebat, harus bersatu, tidak bercerai berai. 
Luruskan niat kita, berkerja semata2 karena Allah, jika kerjanya baik maka itu baik juga untuk diri kita sendiri, jika itu buruk maka itu buruk juga untuk diri kita.



selanjutnya penyampaian laporan hasil audit internal yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahan oleh LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) disampaikan oleh Dr, Nyoto Soseno. audit dilakukan mengacu pada pemristekdikti.  Audit internal perkuliahan dilaksana setiap akhir semester, pada semester genap yang diaudit yang dinilai. Yang dinilai meliputi : dosen sebelum perkuliahan, melakukan. Rencana perkuliahan, selanjutnya adanya koordinasi dosen.
Hasilnya audit antara lain: partisifasi dosen meningkat menjadi 85 persen semester lalu 74 persen.
Kualitas perkulaiahan perprodi disampaikan pada kesempatan ini.
Fakultas penyelengaraan perkuliahan terbaik adalah fakultas FKIP, Fakultas Tehnik, dan Fakultas Pascasarjana.  Prodi terbaik adalah pendidikan Biologi S1, Pasca sarjana Pendidikan Biologi dan Pendidikan Biologi.


Selanjutnya penyampaian oleh rektor,   Dosen dosen sudah mulai dan terbuka untuk kritik dan masukan, selanjutnya rektor menyampaikan adanya korelasi kualiatas pendidikan dengan minat masuk ke prodi. Selanjutnya rektor menyampaikan  Visi pendidikan Indonesia, yaitu visinya harus sama. 100 thn indonesia merdeka.  Mengangkat indonesia negara yang menjadi 12 negara besar di dunia dan 2045 menjadi 8 negera besar di dunia melalui pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan ...

Di dunia pendidikan: berkembangnya potensi peserta didik, agar menjadi manusia yg beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta tanggung jawab.
Sikap spritual, sikap sosial, pengetahuan,
Visi kemenristik dikti
Terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek ....

Tidak ada komentar :

Posting Komentar