Tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Sunday, March 17, 2019

Blog dan Cara Membuat Blog Mudah dan Praktis

Sebelum kita membahas panjang lebar cara membuat blog yang mudah dan praktis berikut ini sedikit saya jabarkan tentang pengertian blog dan cikal bakal  atau sejarah blog. 

Pengertian Blog 
Blog adalah bentuk aplikasi website di Internet yang berisi (konten) personal dalam bentuk artikel (berbentuk tulisan-tulisan) video, foto, dan link, blog berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama). Penulis blog disebut Blogger. Kegiatan ngeblog disebut blogging. Blog mudah digunakan, dimana Anda dapat dengan cepat memposting pemikiran Anda, berinteraksi dengan orang lain, dan banyak lagi keuntungan lainnya. Dalam pembelajaran,  blog dijadikan media interaksi antara guru dan pakar (guru); antara guru dan siswa, antar siswa dan siswa, begitu juga halnya di kampus digunakan dalam pembelajaran antara dosen dan mahasiswa. 

Sejarah Blog 
Setelah saya telusi secara online hingga sampai di blog niagahosteri, dalam blog ini saya mendapatkan infomasi secara singkat tentang sejarah dari blog, meskipun singkat tetapi menurut saya sangat informatif sekali. berdasarkan isi blog tersebut pencetus awal adanya blog yaitu tahun 1994, seorang yang bernama Justin Hall membuat jurnal pribadi online dengan nama links. net. blog Justin ini jika dibandingkan dengan tampilan blog sekarang bisa dikatakan sangat sederhana karena pada laman blog beliau dengan tulisan hitam yang background warna putih. Sampai saat ini blog Justin masih bisa diakses. Di blognya Justin memanfaatkan personal home page untuk menuliskan kehidupan pribadinya, dari kuliah, hubungan dengan ayahnya, hingga asmaranya. Awalnya tulisan-tulisan Justin ini belum dikata blog seperti saat ini. Selanjutnya pada tahun 2004 The New York Times Magazine menobatkan Justin Hall sebagai The Founding Father of Personal Blogger. 

Istilah blog muncur pertama kali pada tahun 1997 oleh Jorn Barger, saat itu Jorn memperkenalkan istilah weblog. Yang mana Weblog berasal dari gabungan dari kata web dan log. Jorn Barger saat itu muncul dari kegiatan di Internet Jorn dari kalimat yaitu “logging to the web” yang berarti mencatat di web. 

Pada tahun 1999, Peter Merholz mengenalkan Istilah kata Blog sebagai kependekan dari weblog. 

Selanjutnya pada tahun 1999 Lahirnya tiga platform blog personal yaitu Blogger, LiveJournal, dan Xanga. LiveJournal menjadi platform blog pertama yang didirikan oleh Brad Fitzpatrick. Pyra Labs yang dianggotai oleh Evan Williams dan Meg Hourihan mendirikan dengan platform blog bernama Blogger. Selanjutnya muncul platform blog ketiga, yaitu Xanga. 

Pada Tahun 2003 bulan Februari, Google resmi mengakuisisi Pyra Labs, pembuat Blogger. Di tahun tersebut, WordPress resmi diluncurkan. Sampai sekarang Blogger dan WordPress sama-sama bersaingan dalam menyediakan layanan blog personal gratis, layanan yang disediakan oleh WordPress dan Blogger termasuk mudah untuk dioperasikan. 

Pada tahun lalu 2018, WordPress Menjadi Platform Paling Populer 

Sejarah Blog di Indonesia blog mulai dikenalkan oleh Enda Nasution pada tahun 2001 melalui artikel berjudul “Apa itu Blog”. Beberapa media massa Indonesia menyebutnya sebagai Bapak Blogger Indonesia, salah satunya The Jakarta Post. 

Pada 27 Oktober 2007 Enda bersama beberapa blogger nasional lain mengadakan Pesta Blogger yang juga bekerja sama dengan perusahaan konsultan komunikasi, Maverick. Di Pesta Blogger pertama tercetuslah Hari Blogger Nasional, Atas inisiatif Menteri Komunikasi dan Informasi, Muhammad Nuh, menyebut 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional di sambutan pembukaan acara. Sehingga saat ini 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. 

Tahun 2015, rubrik Antara melaporkan terdapat 3 juta blogger (3,5 %) blogger dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia. 

Keuntungan Blog 
  • Mudah dibuat, blog tidak sulit untuk dibuat pemulapun dapat membuat blog, bahkan banyak yang menyampaikan lumayan praktis.
  • Cocok untuk semua user/pengguna, siapapun bisa membuat blog yang sudah mengenal komputer dan internet.
  • Bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pada tiap profesi. Blog banyak digunakan untuk jualan, untuk belajar, dan sebagainya bahkan menulis pribadi sendiri.
  • Send of purpose; blog dibuat sesuai tujuan dan kebutuhan.
  • Melatih berpikir, menyampaikan pendapat, pengalaman, dan menulis.
  • Sarana edukasi dan pemberdayaan.
  • Saling berbagi ekspresi dan informasi secara tertulis.
  • Membentuk komunitas blogger.
  • Berdiskusi mengenai blog dan permasalahannya
  • Media komunikasi baru di internet yang populer.
  • Gratis : membuat blog tidak berbayar, tidak perlu membeli hosting dan domain, karena web penyedia blog sudah menyediakan.
  • Blog untuk Pembelajaran: Web based courses dan Kuliah Maya (Virtual courses) : Blog untuk kuliah maya, memuat : Daftar mata kuliah, Silabus, Materi kuliah (ppt, pdf, doc, jpg, dll), Referensi (e-book, url addres), Pengumuman2, tugas2, Forum diskusi (milis, chating, instant messenger), Profil dan kontak dosen dan Ujian
Penyedia Blog Gratis 
ž blogger.com 
ž wordpress.com 
ž thoughts.com 
ž multiply.com 

Berikut ini Langkah-langkah dalam membuat blog mudah dan praktis 
Kali ini bangaimana cara Membuat Blog melalui link www.blogger.com ada 10 langka utama yang saya jelaskan secara detail. 

1). Langkah pertama Klik browser internet, misal: Mozilla Firefox, google chrome atau aplikasi yang lain untuk membuka browser internet.  Ketikkan alamat : www.blogger.com <Enter> selanjutnya akan muncul sperti pada gambar dibawah.

2). Setelah muncul gambar seperti bibawah ini silahkan untuk langkah kedua klik tulisan "Buat blog" jika akun dalam bahasa inggris dengan tulisan "Create blog"

3). Selanjutnya setelah diklik menu "buat Blog" maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, catatan khusus untuk membuat blog, anda harus memiliki akun gmail, jika belum memiliki akun gmail, maka silahan dibuat terlebih dahulu akun email tersebut. 
Kemudian jika sudah memiliki akun gmail, silahkan login dengan memasukan akun gmail anda seperti gambar berikut dibawah ini.

4). Setelah login maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, selanjutnya silahkan klik menu "lanjutkan ke blogger" 

5). Kemudian setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian silahkan lanjutkan ke menu tulisan "Buat Blog Baru"


6).  Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, disini silahkan dituliskan nama blog yang akan anda buat pada menu Judul, kemudian dibuat alamat / link blog yang akan anda miliki nanti, silahkan simak detail pada angka enam (6) pada gambar dibawah ini. untuk alamat blog, setelah anda tuliskan akan ada tanda centang (v) alamat blog ini tersedia atau tidak. jika tidak tersedia berarti kemungkinan alamat blog tersebut sudah dibuat oleh blogger terdahulu. jadi silahkan cari alternatif alamat blog yang lain.  


7). Selanjutnya setelah anda mengerjakan langka ke 6, silahkan lanjutkan memilih tema yang akan menampilkan jendela pada blog anda nanti, banyak macam-macam tema yang ditawarkan oleh blogspot tersebut. pilih sesuai selera anda. setelah anda memilih tema, lanjut klik menu yang dibawa dalam kotak orange "Buat Blog" 

8). Setelah diklik menu  "Buat Blog" maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. pada gambar menawarkan google Domains beta. jika anda menginginkan blog anda menjadi domain sendiri (Page authority / PA dan Domain authority / DA) seperti blog ini: rasuanenoor.net, atau pilihan lain seperti blog razonewane.com, dan tawaran domain yang lain misalnya: com, net, co, cc, ac.id, co.id, dllnya anda dapat mengklik menu pada angka 8 "telusuri" tetapi catatan untuk menjadikan blog anda domain sendiri harus berbayar. jika anda ingin tetap gratis silahkan klik tulisan pada menu "lain Kali" 

Berikut ini gambaran jika anda menginginkan domain yang ditawarkan google Domains beta dan harganya. akan tetapi jika anda ingin tetap yang gratisan silahkan abaikan gambar dibawah berikut ini: 


9).  Pada menu diatas anda mengklik menu "Lain Kali"  maka selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar sebagai berikut, SELAMAT BLOG ANDA SUDAH JADI,  nah disini anda akan memulai seorang blogger yang akan mencurahkan tulisannya di blog ini. 
pada gambar dibawah ini  terlihat tampilan utama blog, disini ada menu-menu: postingan, statistik, komentar, halaman, tata letak, tema, setelah, daftar bacaan dan bantuan. 

10). Dari tampilan di atas tentu anda akan memulai untuk menulis, untuk memulai menulis anda silahkan mengklik menu "Enter Baru" atau yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.

11). Setelah mengklik "Enter Baru" maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, pada gambar dibawah ini, pada halaman putih anda mulai menuliskan artikel yang akan anda terbitkan (posting), kemudian dari abjad yang ditunjukan angka panah menunjukan fungsi dari tanda-tanda tersebut di dalam gambar ini : 

Keterangan hurup pada gambar diatas pada tampilan postingan baru di blogspot sebagai berikut sesuai dengan fungsinya : 
  • a : Merupakan menu untuk undo dan redo atau mengembalikan tulisan sebelumnya dan melanjutkan tulisan yang sudah dituliskan. 
  • b : Untuk membuat jenis tulisan yang diinginkan, misalnya : areal, time new roman, georgia dll. 
  • c : Untuk membuat ukuran tulisan : smallest, small, normal, large dan largest.
  • d : Untuk membuat bentuk hurup salah satunya:  normal.
  • e : Yang dilambangkan hurup (B) untuk membuat tulisan bold atau cetak tebal. 
  • f : Yang dilambangkan hurup (I)  untuk membuat tulisan cetak miring. 
  • g : Yang dilambangkan hurup (U)  untuk membuat tulisan bergaris bawah.
  • h : Untuk membuat warna tulisan dan warna background tulisan.
  • i : Untuk membuat hyperlink, sehingga tulisan yang diblock kemudian di klik link maka akan menuju ke link website yang lain yang diinginkan. misalkan contoh KLIK SINI 
  • j : Untuk membuat memposrtingkan/upload foto di postingan. 
  • k : Untuk membuat memposrtingkan/upload video di postingan. 
  • l : Untuk membuat bentuk dari paragraf/halaman pada tulisan apakah rata kiri atau rata kanan, terpusat atau rata kiri kanan. 
  • m : Untuk membuat urutan pada tulisan yang runut.
  • n : Untuk membuat kutipan pada tulisan 
  • o : Untuk membuat tulisan ke alami dengan menghilangkan format asal tulisan.
  • p : (label)  adalah untuk menandai masuk ke kategori apa pada tulisan, anda bisa mengketikan sendiri masuk kelompok tulisan apa? misalnya : pada judul artikel ini masuk ke label : pelatihan.
  • r : Untuk membuat ntuk menggunakan bahasa lain selain bahasa digunakan oleh penulis.
  • s : Untuk membuat atau merubah waktu kapan memposting tulisan. 
  • t : Untuk membuat  tautan permanen, anda dapat merubah tautan judul pada link artikel tulisan yang sedang ditulis.
  • x : Untuk membuat lokasi anda menulis 
  • z : pilihan dalam pengaturan artikel tulisan ini untuk khalayak ramai. 
Demikianlah penjabaran fungsi dari lambang atau menu pada jendela di postingan terbaru pada blog. oke selamat mencoba. 

Setelah anda selesai memposting tulisan sebelum dipublikasi silahkan anda klik "Pratinjau" sehingga anda dapat melihat tampilan tulisan anda di blog, jika sudah oke,  jangan lupa anda klik menu "Publikasi" sehingga kerja anda dalam meposting tulisan sudah selesai. Akan tetapi jika anda berkeinginan untuk memperbaiki postingan lain waktu  atau butuh waktu lain untuk memperbaiki isi postingan maka anda dapat mengklik "Simpan", sehingga tulisan anda belum terpublikasi. 

11.) Jika anda menginginkan mengelola beberapa blog, anda dapat membuat blog baru dengan mengklik menu seperti pada gambar dibawah ini  yang ditunjukan angka 11. selanjutnya anda akan kembali ke nomor 6. selamat mencoba. 



 Alhamdulillah akhirnya kelar juga membuat artikel tentang "Blog dan Cara Membuat Blog Mudah dan Praktis". semoga para pembaca budiman dapat mencoba dan belajar menjadi seorang blogger sejati. Saya pribadi merasakan begitu banyaknya manfaat dengan menulis di blog.

"jika anda ingin dikenal di dunia jika anda bukan anak raja maka menulislah"
"jika anda ingin dikenang di dunia maka menulislah"

<b>z35W7z4v9z8w</b>

3 comments:

  1. mantep nih buat yang baru mau mulai nulis blog, sangat lengkap panduan nya :D

    ReplyDelete
  2. Punya blog itu awalnya bagi saya ikutan aja selain pengen tulisan saya dibaca orang. Info yang menarik, mas. Saya juga baru tau sejarah blog meski dah lama punya blog. Hehe

    ReplyDelete
  3. Detail banget penjelasannya dan mudah dipahami, sejauh ini saya baru familiar dengan blog yang menggunakan bloggerdotkom dan wordpressdotkom.

    Untuk platform yang lainnya belum pernah mencoba

    ReplyDelete