Tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Thursday, July 11, 2019

Serah Terima mahasiswa PLP 2 Terpadu 2019 FKIP UM Metro di Desa Purwosari Metro Utara

Acara serah terima mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 Terpadu 2019 FKIP UM Metro yang dilaksanakan di balai desa kelurahan Purwosari kecamatan Metro Utara pada tanggal 11 Juli 2019 yang langsung dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Agil Lepiyanto, M.Pd., Rasuane Noor, M.Sc., dan Kuswono, M.Pd. selain itu juga dihadiri kepala kelurahan Purwosari bapak Sugiyana dan ketua karang taruna ksatria kelurahan Purwosari.

Susunan acara yang dimulai dengan Pembukaan bersama dengan lapal basmallah selanjutnya 
Pembacaan ayat suci Alqur'an oleh salah satu mahasiswa peserta PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) 2 Terpadu 2019 : Arif Munawir. Setelah itu selanjutnya menyanyikan bersama Lagu Indonesia Raya.

Kemudian acara diisi sambutan - sambutan yang mulai sambutan dari ketua karang taruna kelurahan Purwosari kecamatan Metro Utara.
Yang disampai saudara Zaki Yahya. 
Ketua taruna Azwar Anas tidak dapat hadir yang diwakilkan oleh Zaki. Beliau menyampaikan: "Ucapan terima kasih atas kepercayaan UM Metro untuk memilih kelurahan Purwosari sebagai tempai kegiatan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) 2 Terpadu 2019 FKIP UM Metro yang diadakan di Masyarakat." 

Sambutan ke dua dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Agil Lepiyanto, M.Pd. : "mahasiswa sudah dibekali di kampus melalui pembekalan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) 2 Terpadu 2019 FKIP UM Metro pada tanggal 5 Juli 2019, sehingga mahasiswa siap terjun untuk ke masyarakat dan siap diberdayakan di Purwosari
Terutama dalam kegiatan yang sudah dirintis oleh karang taruna dan masyarakat Purwosari yaitu pasar Papringan"

"Kegiatan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) 2 Terpadu 2019 FKIP UM Metro di kelurahan Purwosari dari hari ini hingga tanggal 5 Agustus 2019, kepada mahasiswa harus sudah siap terjun lapangan dan jangan menjadi mahasiswa kampungan, dalam artian setiap kegiatan dikit-dikit pulang kampung, sehingga di kegiatannya banyak absen." 

"Kami selaku DPL memohon maaf jika sikap atau tindak tanduk mahasiswa yang kurang berkenan dan kedepannya mohon untuk ditegor atau dibina bagaimana menjadi lebih baik lagi" 

Selanjutnya sambutan dari kepala kelurahan bapak Sugiyana : 
Beliau menyampaikan "rintisahan pasar papringan di kelurahan Purwosari yang digaungkan karang taruna ksatria Purwosari, yang mana pada saat bulan ramadan lalu menjadi tempat pasar takjil di kelurahan Purwosari. Daerah yang di tumbuhi pohon bambu / bahasa jawanya pring tumbuh di sepanjang jalan sekitar 1,5 km dan ada jalan lain 2 km yang kiri kanan diapit pohon bambu/papringan"

"Adik adik karang taruna menggagas pasar papringan untuk dibuat sebuah pasar yang bahan dasarnya dari bambu / papringan misalnya kursi dan kerajinan yang lain"

Pak lurah juga sangat Berterima kasih sekali atas kehadiran mahasiswa dalam kerjasama untuk merencana mewujutkan pasar papringan di kelurahan Purwosari.
Selain itu juga pak Lurah menyampaikan bahwa di kelurahan Purwosari terdapat paguyupan yang kegiatannya setiap malam ronda. Sudah mendapatkan penghargaan dari Kepolisian Kota Metro untuk paguyuban tersebut. Terdapat perguyupan rt /tw setiap 2 bulan sekali mengadakan pertemuan. 

"Di kelurahan Purwoasri terdapat 4 pondok pesantren yaitu Almuhsin, darul quran, ma'arif dan .. mahasiswa dapat berkolaborasi dengan para santri yang ada di kelurahan Purwosari " lanjut dari sambutan pak Lurah Sugiyana.

Kemudian pak lurah menyampaikan "Di depan kelurahan terdapat pasar pagi, sehingga ada potensi untuk para pedagang ikut bergabung, setiap tahun sekali pada bulan puasa terdapat pasar takjil yang tidak kalah rame dengan yang diadakan di Lapangan Samber". "Masih banyak kegiatan-kegiatan di masyarakat Purwosari misalnya di masjid-masjid sehingga mahasiswa dapat bekerjasama dalam mengembangan ilmu di masyarakat". 

Kemudian setelah sambutan diadakan acara serah terima mahasiswa PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) 2 Terpadu 2019 FKIP UM Metro sebanyak 60 orang oleh DPL dan kepala kelurahan Purwosari kecamatan Metro Utara.

Selanjutnya foto bersama dan kunjungan ke lokasi tempat rintisan pasar papringan Purwosari Metro Utara.







No comments:

Post a Comment