Tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Wednesday, February 27, 2019

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018 
"Dengan sampah ku asah kreatifitasku"
Foto bersama pemenang lomba kreativitas mahasiswa P. MIPA UM Metro 
Itulah tema kegiatan dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 juni. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung E Universitas Muhammadiyah Metro. 
Kegiatan yang dilaksana kurang lebih 1 hari pada bulan Romadhan ini diisi dengan rangkaian kegiatan dimulai dari : laporan ketua pelaksana yaitu : Agus Setiawan, merupakan mahasiswa dari prodi pendidikan Biologi. selanjutnya Sambutan oleh koordinator mata kuliah Pengetahuan Lingkungan Oleh Bapak Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd., selanjutnya Dibuka langsung oleh ketua Jurusan Pendidikan MIPA UM Metro oleh Bapak Agil Lepiyanto, M.pd. 
Sambutan dari bapak  ketua Jurusan Pendidikan MIPA UM Metro oleh Bapak Agil Lepiyanto, M.pd. 

Sambutan dari kajur berisi : "Acara semacam ini sudah dilaksankan sejak jaman kuliah pak kajur dari tahun 2006. Kajur sendiri adalah alumni pendidikan biologi UM Metro. Kajur juga menyampaikan kegiatan ini bagai nilainya. Disana beliau belajar organisasi dari kegiatan itu. Keliling kota metro, pasukan kuning untuk difoto dalam rangka dalam menceritakan pahlawan kebersihan".

Pada kesempatan ini juga dihadiri oleh oleh dosen-dosen pengampu Mata kuliah Pengetahuan Lingkungan yaitu bapak Rasuane Noor, M.Sc., dan Widya Sartika, M.Sc.

Pada kegiatan ini masing-masing mahasiswa berperan serta dalam mengkreativitaskan hasil kelompoknya yang memanfaatkan limbah. Dihasilkan 31 karya kreatifitas mahasiswa dari 3 prodi yaitu pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan pendidikan Fisika. 

Selanjutnya diadakan kegiatan buka puasa bersama dimana pada kesempatan ini diisi oleh ustad Ikhsan Dacofany yang merupakan Dosen pasca sarjana UM Metro. 

Buka bersama diisi oleh ustad Ikhsan Dacofany. Dosen pasca sarjana UM Metro. Beliau menyampaikan "Sedekah utama pada keluarga. Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka". 

"Ciri orang sukses itu apa sih? Di jawab oleh Aldes Nia Ananda. Mau berdoa berusaha tidak mudah putus asa dan yakin kita bisa". 

"Orang sukses Pertama adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain. Orang Bahagia adalah menerima semua keadaan " qonaah" hanya dirimu yang membuat kamu bahagia. Membuat kita bahagia.. adalah kita sendiri".

"Berdoa dengan diniatkan. 

Kedua sabar. Abraham lincolin.. gagal dalam dalam kehidupannya.. umur 52 jadi presiden Amerika. Berusaha gigih.. siapa yang sabar maka dia akan beruntung. Perjuangan pak Ikhsan dalam meraih mimpi hingga menjadi dosen semua karena berkat sabar. Percaya diri / tidak putus asa".

Selanjutnya kegiatan sehari tersebut ditutup dengan buka puasa bersama. 

Sekarang diharapkan makin kreativitas dan setelah lulus mahasiswa sudah tidak ada lagi buang sampah sembarangan. Tingkat kepedulian mahasiswa masih rendah. Tidak ada tukang sapu jika semua mahasiswa menjaga kebersihan. Banyak fakta di lapangan yang sering teramati punya mobil pribadi tapi membuang sampah sembarangan lewat jendela mobilnya.

Terus untuk share dengan ajakan untuk selalu mengajak menjaga kebersihan dengan cara berbagi foto di sosial media.

Selamat berkarya..

No comments:

Post a Comment