Tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Wednesday, February 27, 2019

Praktek Pembuatan Pupuk Organik berbahan Kulit Kopi dengan starter Bakteri Dari Limbah Cair Nanas


Kegiatan selama dua hari di Dusun Datar Mayan desa Srimenanti Kacamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat. Tepatnya pada hari rabu - kamis /23-24 mei 2017. Kegiatan yang bertempat di rumah ketua Kelompok tani (Gapoktan), bapak Sugiono.


Kegiatan hari pertama yaitu koordinasi dan persiapan kepada kelompok tani untuk hari pembuatan pupuk organik berbahan dasar limbah kulit kopi. Pada hari kedua praktek pembuatan pupuk organik.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 20 petani kopi di dusun Datar Mayan yang tergabung dalam kelompok tani (Gapoktan) Karya Maju Dusun Datar Mayan desa Srimenanti Kacamatan Air Hitam. 

Pada saat praktek pembuatan pupuk organik limbah kopi dengan stater Limba cair Nanas (LCN) para peserta begitu semangat dalam mempersiapkan dan membuat pupuknya. Bahkan Pak Agus dan team Pengabdian terjun langsung membaur dengan warga petani. 

Kegiatan yang dibuka dan dipandu oleh bapak Dr. Agus Sutanto, M.Si, bersama tim kerja Dr. Achyani, M.Si., Selaku ketua pengabdi, dan anggota yang lain : Rasuane Noor, M.Sc., Fanny Theresia, M.Pd., Eva Faliyanti, M.Pd, serta dibantu mahasiswa pasca sarjana UM Metro, : Bagas Rasyid Sidiq dan Purwadi. Dimulai dengan pembukaan dan penyampaian cara-cara pembuatan pupuk organik dan tentang LCN sendiri. selanjutnya diisi dengan praktek pembuatan pupuk.

Kegiatan berlangsung sampai siang, menggunakan sekitar 1000 kg kulit kopi, dicampur sekitar 200 kg kotoran kambing dan 200kg daun daunan. Ketiga bahan tersebut dicampur merata selanjutnya ditambahkan cairan Stater Limbah Cair Nanas yang telah diencerkan menjadi 1:10 dengan air, selanjutnya menghasilkan sekitar 60 karung pupuk organik ukuran 50kg yang selanjutnya difermentasi selama kurang lebih 3-6 minggu.

Kegiatan praktek ini ditutup dengan makan siang bersama. Setelah kegiatan itu selanjutnya pememplotan lahan yang bakan menjadi tempat aplikasi pupuk organik yang telah dibuat tersebut.


No comments:

Post a Comment