Tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Sunday, September 15, 2019

Sawit Ibarat Pedang Bermata Dua, Mari Bersolusi Demi Indonesia

Buah Kelapa Sawit baru saja dipanen
sumber foto :   cnnindonesia. com
Halo pembaca budiman, apa kabar? Semoga selalu dalam Lindungan Allah SWT. Aamiin. 

Berikut ini saya akan mengulas secara singkat tentang sawit, senaja saya beri judul sawit: Ibarat Pedang Bermata Dua Mari Bersolusi Demi Indonesia, mengapa demikian? yuk disimak ya.

Kelapa sawit adalah tanaman kelompok palem-paleman yang buahnya dapat dikelola menjadi minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO). Indonesia adalah negara yang memiliki kebun kelapa sawit terbesar di dunia, bahkan tercatat hingga mencapai 9 juta hektar. Indonesia memproduksi jutaan ton CPO setiap tahunnya. CPO memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dan salah satu penyumbang devisa negara terbesar dari sektor agribisnis. “waw keren ya”. ini menjadikan bukti sawit kuat Indonesia hebat. 
Perkebunan sawit yang membentang luas
sumber foto: SawitPlus.co 
Begitu besarnya keuntungan dan penggunaan lahan perkebunan kelapa sawit tersebut, ternyata memiliki banyak pro dan kontra. Menurut tinjauan saya bahwa bisnis perkebunan kelapa sawit bak pedang bermata dua, dimana kebutuhan dan manfaat dari minyak kelapa sawit begitu banyak, akan tetapi tidak kalah banyaknya pemberitaan dan isu dampak negatif dari pembukaan perkebunan kelapa sawit yang sangat merugikan masyarakat bahkan disinyalir hingga global. 
Sebelum saya bercerita tentang isu dampak negatif perkebunan kelapa sawit, saya membagikan, apa sih manfaat dari minyak kelapa sawit? 
Manfaat Kelapa Sawit 
  • Sebagai minyak goreng (Food oil) baik untuk kesehatan Mengatasi kekurangan vitamin A dan Perlindungan otak 
  • Sebagai bahan baku bioavtur (bahan bakar pesawat), biodiesel, campuran solar, Sebagai oli / pelumas.
  • Sebagai bahan baku dalam industri baja 
  • Bahan  mentega (Oleo-margarine) 
  • Bahan pomade (bahan kosmetik rambut), lotion dan juga cream kulit. 
  • Membantu mengurangi rasa luka bakar dan menetralkan rasa pedas 
  • Bahan baku pembuatan cat, pembersih atau pasta gigi, an dempul.
  • Dapat membantu proses penyamakan kulit.
  • Ampas kelapa sawit sebagai makanan hewan, kompos dan biogas.

Manfaat minyak kelapa sawit ternyata sangat banyak, wajar saja jika permintaan dunia akan minyak ini makin meningkat. 
Sehingga semakin meningkat pula untuk kebutuhan lahan untuk perkebunan kelapa sawit. Peralihan hutan, tanah pertanian dan tanah masyarakat ke perkebunan kelapa sawit, sehingga muncul isu yang diangkat oleh masyarakat pecinta lingkungan dari isu deforestasi, Kerusakan ekosistem hayati, Kerusakan unsur hara dan air dalam tanah, Munculnya hama migran baru yang sangat ganas, Bencana banjir dan kekeringan, eksploitasi lahan gambut, perampasan tanah petani, kerusakan sungai, pencemaran, alih fungsi lahan, kebakaran hutan dan asap. 

Perkebunan kelapa sawit dituding sebagai penyebab utama kerusakan lingkungan. Ibarat pedang mata dua, satu sisi menghasilkan keuntungan namun satu sisi malah merugikan. Hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut semua pihak harus memikirkan dan menjalankan solusi yang jitu sehingga tidak akan menimbulkan efek negatif lebih parah dan berkepanjangan. Apalagi diperparah jika keuntungan sawit tidak sebanding dengan risiko ditanggung masyarakat pada masa depan oleh sebab itu sawit harus kuat Indonesia hebat. 
Pohon Kelapa sawit siap Panen
sumber foto:wartaekonomi.co.id
Berikut ini beberapa solusi yang sudah diterapkan untuk mengatasi beberapa isu negatif dari perkebunan kelapa sawit demi sawit kuat Indonesia hebat: 
  • Alternatif penanaman kacang-kacangan. Jika lahan ditanami kacang-kacangan, hal ini akan mencegah kehilangan unsur hara tanah, pengikat air tanah dan menciptakan agro ekosistem. 
  • Pengolahan Limbah cair dan gas buang terdiri palm oil mills effluent (POME) dan gas buang metana. memisahkan gas metana dari ampas POME menjadi kompos. proses fermentasi POME menghasilkan gas metana untuk biogas. 
  • Menerapkan Smart Agriculture solusi dari anak bangsa untuk mempercepat adopsi daripada Industry 4.0 bagi industri perkebunan Kelapa Sawit dalam mengatasi kurangnya produktivitas perkebunan akibat tingginya biaya pemeliharaan kebun, keamanan, pembibitan dan pupuk, serta tenaga kerja yang kurang efisien. 
Demikianlah ulasan singkat saya tentang maraknya isu perkebunan kelapa sawit mari bersolusi demi Indonesia, sawit kuat Indonesia hebat semoga kedepan permasalahannya dan keuntungan ibarat pedang bermata dua dapat terselesaikan dengan baik demi anak cucu kita.
demi anak cucu kita sawit kuat Indonesia hebat
sumber foto: Rasuane Noor

Sumber rujukan
https://www.instagram.com/sawitbaik 
https://www.industry.co.id/read/19182/tujuh-kerugian-dampak-adanya-perkebunan-sawit
https://www.industry.co.id/read/54757/smart-agricultur-solusi-industri-sawit-perkebunan
https://www.industry.co.id/read/54467/palm-is-not-my-id-kami-akan-tingkatkan-semangat-perjuangan-menentang-industri-kelapa-sawit
https://www.liputan6.com/citizen6/read/2335106/6-fakta-mengerikan-mengapa-indonesia-sebaiknya-tak-menanam-sawit
https://www.kompasiana.com/yos08/5a6abfd9caf7db322225e413/untung-rugi-sawit-dan-perkebunannya
https://id.wikipedia.org/wiki/Dampak_sosial_dan_lingkungan_dari_minyak_sawit
https://beritagar.id/artikel/berita/perkebunan-kelapa-sawit-di-antara-keuntungan-dan-kerusakan-lingkungan
https://www.tuk.or.id/2015/01/22/dampak-kelapa-sawit/
https://www.alodokter.com/mengenal-manfaat-kelapa-sawit-dan-bahayanya
http://www.bumn.go.id/ptpn1/berita/1-17-Manfaat-Kelapa-Sawit-Untuk-Kesehatan-dan-Kecantikan

No comments:

Post a Comment