Tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Wednesday, August 5, 2020

Pengalaman Pertama Membuat Channel Youtube

Halo pembaca budimana, Salam bahagia selalu untuk semua, kali saya berbagi pengalaman pertama bagaimana membuat channel  Youtube. Saya  akan cerita kapan awal mulanya mengenal youtube, edit video,  tema YouTube yang saya pilih, mengapa membuat channel YouTube, pertama kali monetasi youtube apa saja yang harus disiapkan dan lainnya. Semoga pengalaman pertama saya membuat youtube ini, dapat berkenan dan bisa menjadi Inspirasi bagi para youtuber pemula dan bagi teman-taman yang ingin membuat channel youtube. 

Pengalaman pertama Saya membuat channel  Youtube pada tahun 2010, dimulai sejak saya mengenal dunia edit-edit video. Hobi edit video sejak tahun 2009, sewaktu masih kuliah, edit video dalam mengisi waktu di kost.  Awal edit video menggunakan aplikasi adalah window movie maker, aplikasi bawaan dari window. Dulu membuat  video  dari slide foto yang digabung-gabung. Dulu cukup banyak video yang dibuat yang isinya gabungan dari foto, awalnya foto koleksi pribadi, foto-foto keluarga sampai banyak juga teman yang pesan minta buatkan. Awalnya hanya saya simpan di labtop dan saya burning ke CD sehingga bisa diputar di VCD.  Waktu itu saya belum upload di youtube, karena kesulitan dalam mengirim video pesanan teman-teman terutama teman banyak dari Hongkong, akhirnya saya membuat akun youtube dan upload video di youtube. Teman-teman juga sangat senang video-video mereka dipublish di Channel youtube. Waktu itu masih menggunakan channel youtube saya @rasuanenoor. Itu pengalaman pertama saya kenal youtube. 

Pengalaman pertama membuat channel  Youtube Saya menggunakan lagu latar dari penyanyi terkenal di Indonesia dan  dunia, contohnya lagu Madonna, Brono Mars dll. Berjalannya waktu saat itu saya terus membuat video dari kumpulan foto-foto dengan latar musiknya lagu lagu yang saya sukai atau lagu yang dipesan oleh teman-teman yang minta dibuatkan. Dulu pertama-pertama membuat video untuk youtube,  memakai lagu apapun belum ada peringatan copyright /hak cipta. Sekarang ini sudah tidak boleh. 

Seiring berjalanannya waktu, saya terus membuat video-video asli  atau bukan dari slide-slide foto saja.  Apalagi saya hoby jalan jalan setiap jalan saya buat videonya dan edit dikit lalu diupload di youtube. Isi video-video saya campur-campur atau istilah sekarang bunga rampai. Pada saat itu untuk memoneterisasi akun tidak sulit, langsung daftar, direview, tidak lama langsung disetujui. Sekarang cukup sulit. Syaratnya harus 4000 jam tayang dan 1000 subscribe.

Waktu itu channel youtube saya termoniterisasi ini masuk pengalaman pertama bagaimana membuat channel  Youtube:  pertama kali channel saya dimonetasi, berjalannya waktu ternyata banyak kebijakan dari youtube berubah termasuk copyright, tidak bolek klik iklan sendiri, tidak boleh sering menonton video sendiri sampai tidak boleh klik like video sendiri. Sayang sekali karena saya tidak mengikuti perkembangan youtube, tahun 2017 akun saya di banned/putuskan adsense  karena dianggap melanggar aturan youtube.  Ini adalah pengalaman pahit dan sangat berharga bagi saya agar tidak teledor dan mempelajari peraturan dengan seksama. Beberapa kali diperingkatkan oleh youtube tapi saya tidak begitu mengikuti pesan-pesan email yang dikirim oleh youtube. Salah satunya peringatan pelanggaran copy right memakai lagu orang. Walaupun sejak itu saya mencoba untuk.minta banding agar akun saya tidak di banned, tetapi karena itu murni kesalahan saya jadi banding saya ditangguhkan oleh youtube. 

Pada awal tahun 2018 saya mulai membuat video-video untuk kepentingan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan tugas dari kampus bagian dari HIBA pengabdian kepada masyarakat. Akhirnya saya buat akun yang baru yang sekarang alhamdulillah sudah dimoneterisasi.  Akun saya ini baru di setujui monetnya awal bulan 6. Berarti masih seger banget seperti bayi baru lahir.. hehe.. ini Pengalaman kedua bagaimana channel  Youtube dimonetasi. 
Yang mana sebelumnya saya mendapatkan notifikasi dari youtube bahwa channel saya sudah disubscribe 1000 tetapi jam tanyangnya belum mencapai 4000 jam. Sehingga saya dianjurkan untuk meningkatkan jam tayang di channel saya. Sejak itu semangat saya kembali bergelora untuk menjadi youtuber, yang perna saya jalani selama 3 tahun lalu. Kurang lebih 4 bulan ini saya memang fokus belajar tentang youtube termasuk persyarakat dan lainnya.

Pengalaman  mengapa membuat channel YouTube kembali,  yaitu karena ada tujuannya, kakak saya ternyata dalam setahun ini begitu getol dalam membuat video-video baru untuk dia upload di channel youtubenya sehingga saya juga menjadi tergugah kembali untuk membuat video-video terbaru. Selain itu saya terinspirasi agar mendapatkan pundi pundi dolar dari youtube, sehingga tujuan utama adalah agar channel saya harus segera di moneterisasi. Mengapa channel saya harus dimonet saya tergiur banyaknya artis yang migrasi jadi youtuber dan  banyak youtuber terkenal jadi artis.. hehe.. semoga rezekinya sekelas  artis-artis ya.. 

Selanjutnya Bagaimana pengalaman saya dalam belajar banyak tentang youtube?  Saya banyak belajar teknik dalam youtube  dengan sering menonton dan pantengi akun yang sudah pro salah satunya di channel : Den JC. Channel ini berisi bagaimana tips dan trik bagi youtuber.  Sampai saat ini saya masih terus menyimak updatetan terbaru dari akun Den JC tersebut. Jadi teman-teman bisa pantengi channel  tersebut agar bisa jadi youtuber sejati.

Pengalaman Saya dalam tema di channel  YouTube yang saya pilih adalah pertama tentang traveling dan jalan-jalan termasuk di dalamnya kultur budaya di channel RASUANE ZONE,  selanjutnya tentang biologi dan budidaya di channel RAZ WANE. Mengapa membuat channel YouTube Tersebut karena untuk menyalurkan hoby dan bakat saya. Saya adalah seorang travelblogger alumni sarjana Biologi.  Berikut ini ada beberapa tips dan trik untuk teman-teman youtuber pemula.
 
Saran saya Bagi youtuber pemula
1. Jangan terlalu fokus mikirin moneterisasi channel youtubenya. Tapi pikirkan bagaimana video -video kita disukai banyak orang. Oleh sebab itu buat konten video yang bakal orang banyak suka.  Bisa dengan membuat konten bideo yang lagi viral  serta konten-konten video yang dicari orang. 

2. Membuat channel yang spesifik, jangan bunga rampai karena orang kurang menyukai jika isi videonya tidak khusus alias campur aduk. Misalnya jika ingin membuat channel isi tentang kuliner, isi semua tentang kuliner,  tentang traveling jadi khusus traveling. Karena jika khusus maka subscribernya adalah orang-orang yang menyukai tema channel tersebut. Hal Ini cepat meningkatkan subcriber organik dan channel dapat menjadi rekomendasi bagi subcribernya. 

3. Mulai rutin upload video minimal seminggu sekali. Jangan malas untuk upload, semakin banyak upload semakin banyak juga jam tanyang videonya. 

4. Upload video yang menarik dan terus belajar cara menghasilkan video yang bagus. Banyak tutorial dalam menghasilkan video yang bagus dan keren. Silahkan telusuri di youtube.

5. Pemula wajib download aplikasi YT studio /youtube studio di HP untuk memantau perkembangan channel youtube kita.  Disana dapat dilakukan pengeditan isi dari diskripsi video, tag dll. 

5. Buat pemula sebaiknya buatlah konten yang abadi tapi bukan yang seperti meteor, blooming sesaat terus hilang. Konten abadi biasa tips trik, pembelajaran dll. Bukan konten gosip, gaya hidup artis dll.

6. Bagi yang bingung aplikasi untuk edit video di HP dapat menggunakan video maker 

7. Gunakan konten atau isi video seoriginal mungkin, hasil karya pribadi usahakan video-bideo dari kita, jika itu dari punya orang kita harus minta izin resmi. Jika memakai video orang lain, Takutnya nanti diindikasi atau terdetek copyright. Sebaiknya cari jalan aman saja.

8. Gunakan musik pengantar  di video yang tidak melanggar copy right,  jika musik pengantar di video kita,  ambilah di musik gratis bawaan youtube, jangan ambil musik yang lain karena bakal terkena copyright. Cara dapat di download di channel youtube studio masing-masing.

9. Untuk pemula dan akun yang isinya gado gado atau bunga rampai, tidak apa -apa lanjutkan, itung-itung nyimpan koleksi pribadi, semakin sering upload nanti semakin banyak koleksi videonya, siapa tau diantara banyak video ada yang viral.. hehe.. terus upload dan upload.Sambil jalan buat beberapa akun yng spesifik.. tadi biarkan akun bunga rampai, buat akun lain yg khusus, sehingga kita mengelola banyak channel.

Demikianlah pengalaman pertama bagaimana membuat channel  Youtube.
Saya  akan cerita kapan awal mulanya mengenal youtube, edit video,  tema YouTube yang saya pilih, mengapa membuat channel YouTube, pertama kali monetasi youtube apa saja yang harus disiapkan dan lainnya.  Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menambah wawasan teman-teman sekalian.

No comments:

Post a Comment