Tridarma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, pengabdian dan penelitian

Wednesday, July 15, 2020

Cara Mengatasi dan Membasmi Hama Keong Mas yang Efektif dan Singkat Di Sawah

Siapa yang tidak tau dengan keong mas? Nah ini adalah hewan yang hidup air yang sering dijumpai di sawah-sawah atau kolam. Keong mas atau keong murbei  dengan nama Pomacea canaliculata L.  dalam klasifikasi hewan termasuk suku/famili Ampullariidae kelompok molusca atau hewan lunak.

Berikut klasifikasi lengkap keong mas: Klasifikasi keong mas (Pomacea canaliculata) menurut Lamarck (1822) 

Filum : Molusca

Kelas : Gastropoda

Subkelas : Prosobranchiata

Ordo : Mesogastropoda

Famili : Ampullariidae

Genus : Pomacea

Spesies : Pomacea canaliculata

Keong mas merupakan keong air tawar yang berasal dari Amerika Selatan yang masuk ke Indonesia sekitar awal 1980-an, dulunya sebagai hewan hias menjadi organisme pengganggu tanaman (OPT)  atau hama tanaman padi yang serius di Indonesia.    Keong mas menjadi hama dengan memakan tanaman padi di areal persawahan dan telurnya menempel pada batang padi. Jumlah telur-telur ini dapat mencapai ribuan butir per musim reproduksi. Keong mas menyerang tanaman padi terutama padi berumur muda dapat rusak parah.  Keong mas menjadi sebagai hama utama di sawah, karena sawah merupakan habitat yang cocok bagi perkembangannya, sehingga keong mas dapat berkembang biak sangat cepat dan mampu merusak tanaman padi dalam waktu yang cepat pula.  

Keong mas memiliki kemampuan adaptasi tinggi sehingga dapat hidup di berbagai tipe habitat. Keong mas dapat bertahan hidup pada kondisi kering dan basah. Prilaku keong mas pada  habitatnya dengan membenamkan diri pada tanah lembab selama musim kering. Keong mas dapat bertahan hidup hingga 6 bulan dengan cara menutup operkulum dan membenamkan diri dalam tanah. Keong mas menjadi aktif kembali ketika tanah tempat hidupnya tergenang air. Oleh sebab itu tidak heran jika suatu areal persawahan yang sudah kering tetapi pada saat basah muncul keong mas tersebut.

Jika diamati Keong Mas memiliki keunikan tersendiri yaitu:

Keong yang bergerak lambat tetapi sangat rakus, terutama saat malam hari, dalam satu malam jika dibiarkan tanaman padi disawah dapat rusah 50 % lebih. Keong mas dapat hidup di kondisi lingkungan perairan tercemar. Keong mas memiliki insang dan organ menyerupai paru-paru. Hal inilah yang membuatnya dapat bertahan hidup di dalam dan di luar air. Keong mas memiliki dua pasang tentakel. Tentakel panjang dekat mata kiri dan kanan berfungsi sebagai alat pemandu atau peraba. Ada juga tentakel pendek yang terdapat di dekat mulutnya.

Keong mas memakan hampir semua tumbuhan lunak di dalam air.  Rumput air, padi,   eceng gondok juga termasuk makanan favorit mereka. Jika sumber makanan telah habis, keong mas akan naik ke daratan untuk mencari makanan.

Salah satu upaya untuk memberantas hama keong Mas yaitu Keong mas sebagai pakan ternak, sangat disukai oleh bebek.   dengan pemanfaatan telurnya. Telur keong Mas memiliki kandungan karotenoid yang tinggi yang dapat dijadikan antioksidan. Senyawa antioksidan ini sangat diperlukan dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh, sehingga manusia dapat terhindar dari penyakit kanker. Jika serangan hama keong mas ini sudah banyak sekali penggunaan pestisida adalah solusinya, baik itu pestisida kimia ataupun buatan /pestisida nabati.

Berikut ini saya berikan info bagaimana cara membasmi hama keong mas di sawah yang efektif dan singkat yaitu

Lahan sawah yang  terdapat keong mas dibiarkan terendam selama 1 malam dengan tujuan keong mas yang masih tersembunyi dalam lumpur / tanah agar keluar. Pada kondisi kurang air, keong mas akan bersembunyi di dalam lumpur atau tanah. Pada saat basah dan banyak air maka akan keluar.

Setelah 1 malam, dilakukan penyemperotan secara merata di areal sawah dengan menggunakan pestisida anti molusca,  sudah banyak sekali pestisida ini dijual di toko2 obat pertanian.

Setelah penyemprotan Kemudian biarkan air terenedam selama 1 minggu, lihat hasilnya. Keong mas abis total, meyisahkan bekas-bekas cangkangnya. 

Tips Ini berdasarkan pengalaman saya. Pertama saya melakukan penyemprotan keong mas pada kondisi sawah basah, atau tidak tergenang.  Ternyata keong masnya masih banyak dan menyerang padi yang ada airnya. Sehingga kerugian saya harus melakukan sulam padi lagi. Setelah saya diskusi dengan para petani senior ternyata triknya air sawah seperti saya jabarkan diatas.

Oke demikian informasi tentang  cara membasmi hama keong mas di sawah yang efektif dan singkat, tunggu info selanjutnya ya,    terima kasih salam bahagia dan semoga sejahtera petani Indonesia.

Jangan lupa simak  video cara mengatasi dan membasmi Hama Keong Mas yang Efektif dan Singkat  berikut ini dan   subscribe channelnya ya.



No comments:

Post a Comment